Soroti Fisik, Shin Tae-yong Minta Pemain Tak Memaksakan Diri Main Penuh

Soroti Fisik, Shin Tae-yong Minta Pemain Tak Memaksakan Diri Main Penuh
<! –

->

Suara.com – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, kembali menonjolkan fisik putra angkatnya. Taktik Korea Selatan membuat para pemainnya memaksakan diri untuk tampil selama 90 menit.

Hal tersebut dikatakan oleh Shin Tae-yong jelang Kroasia yang berakhir dengan kekalahan 1-7. Selasa (8/9/2020). Pelatih berusia 51 tahun itu menilai para pemain timnas U-19 Indonesia kurang kuat tampil selama 90 menit dalam kondisi fisik yang baik.

"Tapi kami bisa melihat bahwa mereka semua berusaha bermain 90 menit (melawan Bulgaria). Artinya mereka berusaha bernapas sendiri," kata Shin Tae-yong seperti dikutip saluran YouTube PSSI, Rabu (9/9/2020).

Pelatihan untuk timnas U-19 di Kroasia (dokumen PSSI).
Pelatihan untuk timnas U-19 di Kroasia (dokumen PSSI).

Nyatanya, dalam laga uji coba ini Shin Tae-yong ingin melihat sejauh mana fisik sang pemain bisa bertahan. Ia ingin Witan Sulaeman dan kawan-kawan memaksimalkan kekuatannya meski hanya bisa bermain selama 10 menit.

“Jadi pemain harus bisa bekerja sama dan memaksimalkan diri. Mereka harus paham berapa menit mereka bisa bermain,” terangnya.

"Hanya dengan begitu kami bisa menyesuaikan tempo permainan kami. Dan para pelatih bisa menciptakan taktik yang lebih baik berdasarkan kemampuan para pemain," tambahnya.

Karenanya, eks pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu meminta para pemainnya tidak memaksakan diri untuk bisa bermain penuh di pertandingan tersebut. Yang terpenting adalah mencoba semua kemampuan, karena ini hanya kompetisi tes.

“Jadi pesan saya jangan pernah menahan nafas untuk bisa bermain 90 menit,” pungkasnya.

Selain dihajar Kroasia 1-7 di turnamen persahabatan internasional, di laga pertama tim Merah Putih itu juga takluk dari Bulgaria 0-3. Selanjutnya, Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada 11 September mendatang.

Baca:  Lawan Qatar, Shin Tae-yong Ingin Lihat Perkembangan Timnas Indonesia U-19