PSSI Umumkan Hasil AFC Club Licensing 2020

PSSI Umumkan Hasil AFC Club Licensing 2020

Suara.com – PSSI telah menyelesaikan Siklus Perizinan AFC Club 2020 melalui pertemuan yang diadakan di Hotel Harris, Jakarta, Kamis (19/11/2020) malam.

Siklus Lisensi AFC Club adalah proses standarisasi dan validasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung pengembangan industri kulit bundar.

Selain menjadi acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga menjadi syarat bagi klub untuk mengikuti kompetisi resmi AFC seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Ada lima kriteria yang dinilai oleh AFC Club Licensing. Yakni olahraga, infrastruktur, kepegawaian dan administrasi, hukum, dan keuangan.

Baca juga:
2 Pemain Bali United Digojlok Shin Tae-yong, Teco: Harus Mereka Nikmati

Tahun ini, semua klub Liga 1 2020 secara sukarela berpartisipasi dalam proses ini. Dari hasil pertemuan yang digelar, didapatkan enam klub yang dinyatakan Diberikan.

Keenam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC meski saat ini tengah berada di tengah-tengah wabah COVID-19. Keenam tim ini dinyatakan profesional setelah memenuhi semua persyaratan AFC.

"Ke depan, PSSI akan menyiapkan Perizinan Klub Nasional untuk kita ajukan di Liga 1 dan Liga 2," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Jumat (20/11/2020). .

“Kami berharap akan lebih banyak klub profesional di tanah air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia berada di jalur yang tepat untuk industri sepak bola. Dengan semakin banyaknya klub profesional di Indonesia, sepakbola Indonesia semakin maju dan sukses,” imbuhnya.

Sekadar informasi, pertemuan ini dihadiri oleh seluruh anggota Club Licensing Committee yaitu Timmy Setiawan selaku Ketua, dengan anggota Danurwindo, Yakub Adi, Asep Saputra dan Alexander Tjahyadi.

Baca:  Kami Puas Menang, tapi Berharap Lebih

Baca juga:
Spanyol atau Korea Selatan, PSSI Umumkan Lokasi TC Timnas U-19 dalam waktu dekat

Hadir pula Manajer Perizinan Klub PSSI, Putri Aprillia Utomo dan Surya Binanga. Selain itu hadir pula Moh Randi sebagai anggota, serta Ketua Hukum PSSI, Lexyndo Hakim.