Protokol Kesehatan Telah Disusun, Tanda Kompetisi Liga 1 Bakal Dimulai?

Protokol Kesehatan Telah Disusun, Tanda Kompetisi Liga 1 Bakal Dimulai?

Suara.com – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan semua kegiatan masyarakat yang berkomitmen untuk berpegang pada protokol kesehatan dapat dilakukan.

Termasuk tentang pertandingan liga sepak bola. Diketahui, liga sepak bola Indonesia pada 2020 harus ditunda sementara karena pandemi Covid-19. Hingga saat ini, kepastian kapan liga akan dimulai di Indonesia masih suram.

Apapun kegiatannya, selama mereka berkomitmen untuk berpegang pada protokol kesehatan, maka kegiatan tersebut diperbolehkan untuk dilakukan. Dalam penyelenggaraan liga harus ada kepatuhan dari seluruh komponen penyelenggara sepak bola atau semua yang terkait dengan sepak bola. Federasi, klub hingga suporter, ”kata Wiku. konferensi pers, Kamis (22/10/2020).

Wiku mengatakan, PSSI kini telah mengembangkan protokol kesehatan untuk kompetisi sepak bola yang melibatkan dokter. PSSI bahkan memperkirakan biaya pengujian swab.

Baca juga:
Tanpa Liga, Shin Tae-yong mengaku sulit menyelenggarakan Program Latihan Timnas Indonesia

“Selama ini PSSI sudah memberikan protokol kesehatan untuk pertandingan sepak bola yang melibatkan dokter dan juga memperkirakan biaya untuk tes swab,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan pemberian izin liga sepak bola harus dikoordinasikan dengan PSSI dan Liga Indonesia Baru (LIB) serta kepolisian.

Ini juga untuk mempertimbangkan status zonasi tempat pertandingan sepak bola akan diadakan

Mengenai pemberian pertandingan sepak bola, perlu ada koordinasi lebih lanjut antara PSSI dengan Liga Indonesia Baru (LIB), dengan kebijakan dan juga mempertimbangkan status zona tempat diadakannya pertandingan sepak bola tersebut, ”kata Wiku.

“Penting juga diingat bahwa keputusan menunda keputusan itu demi keselamatan dan kesehatan kerja kita,” tambahnya.

Baca juga:
Liga 1 Tak Jelas, Persiraja Meninggalkan Pemainnya Hingga Waktu Tidak Ditentukan

Baca:  Soal Uji Coba Persib vs Tira Persikabo Jilid II, Robert: Masih Tentatif