Liga Champions Asia Tahun Depan Tak Ada Wakil dari Indonesia, Kenapa?

Liga Champions Asia Tahun Depan Tak Ada Wakil dari Indonesia, Kenapa?
<! –

->

Suara.com – Penjabat Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi telah memastikan bahwa tidak akan ada perwakilan klub Indonesia yang bermain di Liga Champions Asia tahun depan. Tentu saja penyebabnya adalah merosotnya performa klub-klub Indonesia kala berlaga di kancah Asia.

Ironisnya, tidak ada perwakilan klub di Indonesia ketika Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) menambah peserta Liga Champions Asia 2021 menjadi 40 klub.

“Indonesia kalah divisi LCA? Ya betul dan akan diumumkan resmi oleh AFC,” kata Yunus Nusi dalam jumpa pers virtual bersama awak media, Jumat (9/9/2020).

Plt Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (29/7/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Plt Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (29/7/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Untuk mendapatkan kuota ke Liga Champions Asia, kompetisi harus menempati posisi ke-12 di zona regional masing-masing (Barat & Timur). Liga 1 tidak akan lagi menerima tiket karena berada di peringkat ke-13 di Zona Timur.

Sebagai informasi, saat ini posisi Liga 1 di Asia hanya berada di peringkat ke-28. Sedangkan di Zona Asia Timur, persaingan kasta teratas di Tanah Air hanya menempati urutan ke-13.

Hasil ini berdampak buruk bagi penampilan wakil Indonesia yang bermain di Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Misalnya di Piala AFC 2019, Persia Jakarta tak bisa lolos dari babak penyisihan grup. Sedangkan PSM Makassar yang merupakan wakil lainnya hanya bisa melaju ke babak semifinal Zona ASEAN.

Hal ini diperparah dengan absennya wakil Indonesia di putaran final Liga Champions Asia sejak 2012. Banyak klub Indonesia yang hanya bisa bermain di babak kualifikasi.

Wakil Indonesia terakhir yang bermain di Liga Champions Asia adalah Bali United pada musim 2020. Sayangnya, tim asuhan Stefano Cugurra juga hanya berhasil lolos ke babak kualifikasi.

Sementara Bali United diwakili, Liga 1 masih menduduki peringkat ke-11 di Zona Timur dan ke-24 di Asia. Kuota Liga Champions Asia yang sebelumnya ditempati Indonesia kini telah dialihkan oleh Korea Utara.

Baca:  Laga Timnas U-19 di Kroasia Disiarkan Live, PSSI: Atas Izin Shin Tae-yong