Indra Sjafri Ungkap Cara PSSI Mencari Pemain Keturunan di Luar Negeri

Indra Sjafri Ungkap Cara PSSI Mencari Pemain Keturunan di Luar Negeri

Suara.com – Tempat utama timnas U-19 Indonesia kini tak hanya dipertandingkan pemain lokal. Pemain keturunan Indonesia yang saat ini berada di luar negeri berpeluang memperkuat Pasukan Merah Putih.

Tentu hal itu dilakukan agar Garuda Nusantara – julukan Timnas U-19 – semakin kuat. Apalagi, Timnas U-19 Indonesia sudah siap menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

Sebelumnya, armada Shin Tae-yong akan mengikuti ajang Piala Asia U-19 yang rencananya akan diluncurkan pada awal 2021. Menghadapi dua peristiwa penting tersebut tentunya harus diikuti oleh para pemain terbaik.

Elkan Baggot saat melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia ke-19. (Dokumen PSSI)
Elkan Baggot saat melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia ke-19. (Dokumen PSSI)

Namun, tak hanya pemain keturunan saja yang bisa langsung memperkuat timnas U-19 Indonesia. PSSI memiliki mekanismenya sendiri, mulai dari administrasi hingga kemampuan pemainnya sendiri.

Baca juga:
PSSI & Netzme Ajak Fans Timnas Indonesia Untuk Belanja Dengan Nuansa Berbeda

Kalau dilihat gimana? Yang nanti kita lihat di CV-nya. Lalu kita lemparkan ke bagian hukum PSSI. Tidak masalah secara hukum atau mungkin oleh undang-undang atau undang-undang fifa. Setelah itu, kalau bisa kita akan menonton video itu dan mendiskusikannya dengan Pelatih Shin Tae-yong, "katanya. Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam.

“Beberapa nama sudah muncul dan kita lempar ke Pak Ketum PSSI (Mochmad Iriawan), dan dia isyarat minta tolong mendekat,” imbuh mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 itu.

Sudah ada empat pemain yang pernah berlatih bersama Timnas U-19 Indonesia, yakni Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Mahessa, dan Luah Mahessa. Bahkan, mereka berempat mengikuti training camp Garuda Nusantara (TC) di Kroasia.

Kemudian, akan ada beberapa pemain keturunan lainnya yang akan diberi kesempatan untuk memamerkan keahlian mereka oleh Shin Tae-yong, saat melakukan TC berikutnya.

Baca:  David Maulana dan Witan Sulaeman Rasakan Manfaat TC Timnas U-19 di Kroasia

"Dari segi kualitas, biar Pelatih Shin Tae-yong menjelaskan. Apakah dia akan dipilih atau tidak," ucap eks penterjemah rasis Bali United itu.

Baca juga:
9 Keturunan Bergabung dengan Tim Nasional U-19